Tuesday, September 25, 2018

Mengenal Secara Teliti Tentang Proton


Mengenal Secara Teliti Tentang Proton



Sebuah proton adalah salah satu dari tiga partikel utama yang membentuk atom. Proton ditemukan di inti. Proton memiliki muatan listrik satu +1 dan massa 1 unit massa atom (Amu).  Bola bercahaya ini pada gambar 1 mewakili matahari, yang memiliki diameter 1,4 × 109 meter. Matahari memiliki hubungan khusus dengan objek lain yang diameternya hanya sekitar 1,7 × 10 -17 meter yaitu partikel subatomik yang disebut proton. Bagaimana matahari raksasa terkait dengan proton yang sangat kecil? Baca terus untuk mencari tahu. Tour Murah

Semua proton adalah identik. Misalnya, proton hidrogen yang persis sama dengan proton helium dan semua unsur lainnya, atau zat murni. Namun, atom unsur yang berbeda memiliki jumlah yang berbeda dari proton. Bahkan, atom dari setiap unsur tertentu memiliki nomor unik dari proton yang berbeda dari jumlah proton dari semua unsur lainnya. Sebagai contoh, atom hidrogen hanya memiliki satu proton, sedangkan atom helium memiliki dua proton. Jumlah proton dalam atom menentukan muatan listrik inti. Inti juga berisi neutron, tetapi mereka bermuatan netral. Yang proton dalam inti hidrogen, misalnya, memberikan muatan +1, dan dua proton dalam inti helium memberikan muatan +2.

Proton terbuat dari partikel-partikel fundamental yang disebut quark dan gluon. Seperti yang Anda lihat dalam gambar di bawah ini, proton mengandung tiga quark (lingkaran berwarna) dan tiga aliran gluon (garis putih bergelombang). Dua dari quark disebut quark up (u), dan quark ketiga disebut quark down (d).

Gluon membawa gaya nuklir kuat antara quark, yang mengikat mereka bersama-sama. Gaya ini diperlukan untuk mengatasi gaya tolakan listrik antara proton positif. Meskipun proton ditemukan hampir 100 tahun yang lalu, quark dan gluon yang ada di dalamnya dan banyak yang lainnya lagi ditemukan baru-baru ini. Para ilmuwan masih belajar tentang partikel-partikel dasar.

Sebuah proton adalah salah satu dari tiga partikel utama yang membentuk atom. Proton ditemukan di inti. Proton memiliki muatan listrik satu +1 dan massa 1 unit massa atom (Amu). Atom dari setiap unsur yang diberikan memiliki nomor unik dari proton yang berbeda jumlah proton dari semua unsur lainnya. Proton terdiri dari partikel fundamental yang disebut quark dan gluon. Gluon membawa gaya nuklir kuat antara quark, yang mengikat mereka bersama-sama.

No comments:

Post a Comment